Senin, 18 April 2016

TEMA: INDAHNYA MENTAATI TATA TERTIB

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala SMA Negeri 2 Ungaran, Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya banggakan. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal'afiat. Tak lupa, shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafa'atnya baik di dunia maupun di akhirat. Amin.

Kali ini saya akan berpidato tentang indahnya menaati tata tertib bagi siswa SMA Negeri 2 Ungaran. Akhir-akhir ini, banyak kasus pelanggaran tata tertib di kalangan pelajar. Mulai dari terlambar sekolah hingga merokok di area sekolah. Sungguh disayangkan bukan? Saya akan menyampaikan apa itu tata tertib, contoh pelanggaran tata tertib, faktor yang menyebabkan melanggar tata tertib dan cara menaati tata tertib. Agar siswa dapat menaati tata tertib yang ada.

Tata tertib adalah aturan yang dibuat oleh pihak sekolah guna mengatur tingkah laku siswa dan siswi selama di sekolah. Tata tertib dibuat agar ditaati. Tetapi zaman sekarang siswa-siswi menganggap bahwa aturan dibuat bukan untuk ditaati melainkan untuk dilanggar. Anggapan ini membuat siswa tidak peduli bahkan tidak tau apa-apa yang harus ditaati. Mereka seolah menyepelekan tata tertib yang ada.

Tidak sedikit siswa atau siswi yang melanggar tata tertib. Contohnya membuang sampah sembarangan, terlambat sekolah, atribut sekolah tidak lengkap, berkelahi dan merokok diarea sekolah. Sungguh disayangkan bukan?

Pelanggaran tata tertib disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, berasal dari diri sendiri. Kurangnya kesadaran untuk menaati tata tertib dan kurangnya kedisiplinan membuat siswa dan siswi akan melanggar peraturan. Selain itu, juga disebabkan oleh kondisi lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

Akan tetapi, semua pelanggaran itu bisa kita cegah dengan menaati tata tertib. Dimulai dari kesadaran diri sendiri. Jika kita menyadari bahwa tata tertib itu penting dan berguna makan kita pun tidak akan melanggarnya. Selain itu, peran orang tua sangatlah penting. Dengan menegakkan kedisiplinan di rumah maka anak akan terbiasa mematuhi peraturan yang ada. Disisi lain, orang tua juga memberi nasehat tentang mana yang baik dan mana yang buruk bagi kehidupan anaknya. Peran lingkungan sekolah juga penting. Dengan memberi sanksi yang tegas, siswa akan merasa jera dengan sanksi yang diberikan. Dengan begitu siswa akan lebih menaati tata tertib.

Hadirin yang berbahagia, banyak hal positif dari menaati tata tertib sekolah. Salah satunya, kita tidak akan mendapat sanksi dari sekolah. Tata tertib juga mengembangkan pola sikap dan perilaku yang lebih disiplin dan lebih teratur. Kita juga tidak dicap oleh guru-guru jikalau kita tidak melanggar tata tertib.

Jadi tata tertib ada aturan disekolah yang harus kita taati. Tetapi tidak sedikit siswa-siswi yang melanggarnya seperti terlambat sekolah dan merokok diarea sekolah. Hal ini disebabkan oleh diri sendiri atau faktor dari lingkungkan keluarga maupun sekolah. Pelanggaran itu bisa dicegah dengan dimulai dari kesadaran diri sendiri akan pentinggnya tata tertib hingga peran orang tua dan sekolah. Banyak hal positif dari menaati peraturan. Salah satunya bisa mengembangkan perilaku yang lebih disiplin. Jadi, indah bukan menaati tata tertib? Sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat. Atas perhatian bapak ibu, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar